Pemasaran Online Sebagai Langkah Pengembangan Pasar Ikm Di Masa Pandemi

By: chendy | Posted on: 03 Maret 2021

  Pandemi covid-19 yang berlangsung hingga saat ini menimbulkan beragam dampak yang dirasakan oleh masyarakat tidak terkecuali masyarakat DIY. Masyarakat DIY yang terkenal dengan industri kecil menengahnya (IKM) banyak mengalami penurunan omset sebagai dampak dari berkurangnya jumlah wisatawan yang berkunjung ke DIY. Menyikapi hal tersebut, Dinas Perindustrian dan Peragangan DIY mengambil langkah strategis dengan melakukan kegiatan pelatihan dan pembinaan IKM baik secara online maupun offline pada tahun 2020.

  Melalui kegiatan monitoring di lapangan yang dilakukan Dinas Perindustrian dan Perdagangan DIY pada tahun 2021, ditemukan fakta bahwa kegiatan pelatihan dan pembinaan yang telah dilaksanakan mampu menambah nilai produksi dari IKM yang mengikuti kegiatan tersebut. Namun DIisperindag DIY juga menemukan beberapa hal yang masih menjadi kendala bagi para pelaku IKM dalam pengembangan usahanya terutama dalam aspek pemasarannya.

  Salah satu kelompok IKM yang pernah ikut dalam kegiatan Bimtek olahan ikan yang berlokasi di pantai Drini Gunung Kidul, mengungkapkan bahwa kelompok IKM tersebut dapat mengaplikasikan materi yang diberikan pada saat pelatihan dan mampu menambah nilai produk IKMnya dimana yang semula hanya olahan ikan biasa seperti digoreng, dibakar dan sebagainya, kini dapat diolah menjadi berbagai produk yang memiliki nilai jual lebih dan varian yang lebih banyak. Akan tetapi IKM tersebut memiliki kendala dalam proses pemasarannya karena sistem pemasaran yang dilakukan masih menyasar para wisatawan yang datang berkunjung ke lokasi wisata dimana pada masa pandemi ini jumlah wisatawan turun drastis bahkan lokasi wisata sempat ditutup guna menghindari penyebaran covid-19. IKM tersebut berharap akan adanya pelatihan mengenai pemasaran yang berbasis online agar produknya dapat mencakup pangsa pasar yang lebih luas.

  Menyikapi hal tersebut, Dinas Perindustrian dan Perdagangan DIY melalui program penggunaan dan pemasaran dalam negeri akan melakukan kegiatan bimtek pemasaran online yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan IKM dalam hal pemasaran. Saat ini pemasaran online menjadi primadona bagi hampir semua kalangan terlebih lagi pada masa pandemi seperti sekarang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa langkah yang diambil oleh Disperindag DIY sudah tepat. Disamping itu, dengan program kegiatan tersebut Disperindag DIY juga mendukung IKM untuk bersaing pada era industri 4.0, karena pada era industri 4.0 penggunaan teknologi berbasis online sangatlah penting mengingat kemudahan dan tingkat efektifitasnya yang sangat tinggi dalam kegiatan perindustrian maupun perdagangan.


Harga Sembako