Berita


Webinar Menentukan Strategy Harga

03 November 2021 Berita

Kali ini Disperindag DIY menyelenggarakan webinar yang kesembilan tentang Pricing Strategy atau strategi dalam menentukan harga. Narasumber angkatan kedelapan ini adalah dari Dosen FEB UGM, Bayu Aji Aritejo, SE, M.M, M.Si, PhD dan dari Owner PT. Indo Risakti, Windu Sinaga. Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama dari Kementerian Perindustrian, Dinas Perindustrian dan Perdagangan DIY, dan Laboratorium Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada.

Dalam materinya, Bayu, menyampaikan untuk menetapkan harga harus mempertimbangkan pertama total biaya produk yang dijual, kedua srategi perusahaan terkait segmentasi, target pasar, pemosisian produk/merek, ketiga strategi dan harga jual pesaing (pertimbangkan kelebihan dan kekurangan penawaran), keempat persepsi pembeli atas nilai produk, dan kelima sensitivitas/elastisitas harga konsumen. Mengenai produk baru hal-hal yang harus dipertimbangkan adalah Penetapan harga lini produk (membuat berbagai tipe produk dengan berbagai harga dengan pertimbangan merek berbeda), Penetapan harga produk opsional (harga produk dasar + harga produk pilihan+aksesoris tambahan), Penetapan harga produk berupa paket bundel (harga produk paket yang berisi campuran produk), Penetapan harga produk captive (harga produk utama + harga produk komplemen), dan Penetapan harga produk sampingan (beberapa produksi produk utama bisa menghasilkan produk sampingan).

Penyesuaian harga bisa dipecah menjadi Harga diskon (jika beli banyak, beli tunai, membantu promosi), Harga promosi (ketika pameran, perayaan tertentu, akhir tahun), Harga tawar-menawar (jika konsumen senang menawar harga), Harga dinamis (disesuaikan dengan musim sepi atau ramai), Harga berbasis tempat penjualan, Harga lokasi pengiriman (untuk pengiriman internasional pertimbangkan nilai tukar, resiko, dan biaya-biaya lain)

Sedangkan menrut praktisi, Windu Sinaga menyampaikan tentang Strategy Menentukan Harga Jual. Strateginya adalah pertama penjual harus mengenali konsumennya, apakah konsumennya mempunyai daya beli direntang berapa dan mencari konsumen yang mampu membeli produk yang akan dipasarkan (daya beli konsumen). Setelah itu menentukan harga jual dengan mencari tahu biaya produksi, riset harga pasar (pesaing), dan jalur distribusi. Windu juga menambahkan dalam menentukan harga harus berbeda dengan pesaing, caranya adalah menentukan konsep yang unik dan kreatif, banyak pilihan, ide inovatif, jadi yang pertama dan keunikan proses produksi.