1. Apakah manfaat dari SIKONCER?

  • Fasilitas bagi konsumen untuk melaporkan adanya barang/ jasa beredar tidak sesuai standar
  • Memberikan perlindungan pada konsumen
  • Mendorong terciptanya barang/ jasa beredar sesuai dengan standar

2. Berapa lama respon atas pengaduan yang disampaikan diberikan kepada pelapor?

Sesuai dengan KMK 149 tahun 2011 jawaban/respon atas pengaduan yang disampaikan wajib diberikan dalam kurun waktu paling lambat 7 (tujuh) hari terhitung sejak pengaduan diterima.

3. Apakah bentuk respon yang diberikan kepada pelapor atas pengaduan yang disampaikan?

Respon yang diberikan kepada pelapor berupa status/tindak lanjut pengaduan paling akhir sesuai dengan respon yang telah diberikan oleh pihak penerima pengaduan. Respon terkait dengan status/tindak lanjut pengaduan dapat dilihat melaui pantau pengaduan

4. Apakah pengaduan yang saya berikan akan selalu mendapatkan respon?

Pengaduan yang anda berikan akan direspon melalui email dan tercantum dalam aplikasi SIKONCER ini dan akan terupdate secara otomatis sesuai dengan respon yang telah diberikan oleh pihak penerima pengaduan. Untuk dapat melihat respon yang diberikan, dapat melihat status pengaduan melalui menu "pantau pengaduan"

5. Saya sudah mengirimkan pengaduan namun di kemudian hari saya ingin merubah/menambahkan data terkait pengaduan yang saya lakukan, apa yang harus saya lakukan?

Data yang sudah dilaporkan sebelumnya tidak dapat dilakukan perubahan namun anda bisa melaporkan pengaduan baru.