Artikel


BIMBINGAN TEKNIS / PELATIHAN IKM IT

13 Juli 2022 Artikel

Digital marketing merupakan kegiatan pemasaran atau promosi sebuah brand atau produk menggunakan media digital atau internet. Hampir mayoritas masyarakat sudah menerima dan menggunakan teknologi internet, sehingga kegiatan pemasaran secara digital dijadikan pilihan utama oleh perusahaan-perusahaan karena terbukti efektif dan mampu menjangkau pasar luas dengan biaya yang rendah. Hal ini menyebabkan perusahaan saling berkompetisi membuat konten yang menarik untuk ditampilkan dalam pemasaran di dunia maya. Keuntungan dari digital marketing dibandingkan dengan pemasaran konvensional diantaranya adalah penyebaran informasi lebih cepat, lebih murah dan efektif, serta jangkauan pemasaran semakin luas dan langsung ke end user.

Sehubungan dengan hal tersebut, maka Dinas Perindustrian dan Perdagangan Daerah Istimewa Yogyakarta melalui Kelompok Substansi Industri Logam, Mesin, Elektronika, dan Telematika pada tahun 2022 menyelenggarakan Kegiatan Bimbingan Teknis/Pelatihan IKM IT. Kegiatan ini telah terlaksana selama 3 (tiga) hari yaitu pada tanggal 8 sampai dengan 10 Maret 2022. Peserta dari Bimtek/Pelatihan IKM IT kali ini adalah 20 anggota kelompok IKM Larisshop yang beralamat di Blendangan, Tegaltirto, Berbah, Sleman.

Tujuan dari pelaksanaan bimtek/pelatihan IKM IT ini adalah agar IKM IT, khususnya IKM IT Larisshop, menguasai digital marketing sehingga dapat memenangkan persaingan pasar di era digitalisasi, memperluas jangkauan area pemasaran, dapat terhubung langsung dengan konsumen end user, meningkatkan pendapatan dan penjualan produk, serta menghemat biaya pemasaran. Bimtek/Pelatihan IKM IT ini selain menghadirkan Penyuluh Perindustrian dan Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan DIY, juga menghadirkan instruktur yaitu Ir. H.R. Arya Hadi Setya Jalutanda, M.Sc., N.D., Ph.D yang merupakan seorang praktisi digital marketing dan salah satu pelaku usaha IT di DIY.

Materi yang disampaikan selama bimbingan teknis/pelatihan yaitu beberapa skill dasar dalam melakukan digital marketing seperti membuat copy writing yang baik untuk menuliskan caption produk, cara memanfaatkan platform Whatsapp dan Facebook ads untuk meningkatkan penjualan produk, serta beberapa trik untuk menarik minat konsumen dengan teori AIDA (Awarness, Internet, Desire dan Action). Selama bimbingan teknis/pelatihan, para peserta aktif dan antusias dalam bertanya dan berdiskusi.

Dengan dilaksanakannya kegiatan bimbingan teknis/pelatihan IKM IT maka IKM IT Larisshop memiliki kemampuan dan ketrampilan teknis dalam melakukan aktivitas digital marketing dengan memanfaatkan media sosial atau internet. Harapan dari para IKM IT adalah ke depannya Dinas Perindustrian dan Perdagangan DIY dapat memberikan pelatihan sejenis dengan tingkat lanjut agar para IKM IT mampu menerapkan metode digital marketing yang terus berkembang setiap tahunnya.