Berita


Webinar Pemasaran

05 Oktober 2021 Berita

Sampai dengan angkatan kelima ini, Disperindag DIY telah mengadakan seminar online yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pengelolaan usaha pelaku industri kecil dan menengah. Webinar pada angkatan kelima ini bertemakan tentang pemasaran yang dilaksanakan pada hari Jumat tanggal 17 September 2021 pukul 13.00 melalui zoom meeting. Narasumber dalam webinar kali ini adalah dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UGM Drs. Teguh Budiarti, MM dan Owner Bahana Batik, Erwin Yuniati, S.H.

Sebelum paparan dari narasumber, Plt. Disperindag DIY, Ir. Aris Riyanta, M.Si memberikan sambutan yang berisi tentang keberlangsungan usaha (sustainability) dan kepercayaan (trust) konsumen atau masyarakat perlu dipelihara dengan sebaik mungkin. Oleh karena itu sudah saatnya IKM mengelola usahanya secara profesional termasuk dalam hal pemasaran. Agar usaha berjalan maksimal dan berkembang menjadi lebih besar, pelaku Industri Kecil Menengah harus mempunyai strategi pemasaran yang tepat menghadapi kondisi pasar akibat perkembangan teknologi dan pandemi covid-19.

Menurut praktisi, Erwin, Dalam membuat strategi pemasaran, kompetensi yang harus dimiliki pengusaha adalah kritis, kreatif, komunikatif dan kolaborasi untuk mewujudkan usaha yang sukses. Komunikatif sangatlah penting dalam pemasaran, dalam berkomunikasi dengan calon pelanggan maka harus mempunyai artikulasi (pengucapan kata), intonasi (nada naik/turun), volume suara (keras/lembut), audability (variasi volume), pitch (tinggi nada), stressing penekanan kalimat, kecepatan berbicara, kelancaran, warna suara dan tone (nada suara) yang baik. Teknik pemasaran untuk meningkatkan penjualan adalah : 1. Ketahui target pasar. 2. Menetapkan harga produk. 3. Gunakan teknik promosi. 4. Pilihlah tempat strategis. Tempat pemasaran bisa melalui media konvensional yaitu leaflet, spanduk, baliho, neon box, pameran, fashion show, pembicara, media cetak dan elektronik, sponsorship, discount, dan penawaran-penawaran. Sedangkan melalui media digital seperti social media facebook, instagram, pasar digital, shoppee, lazada dan sebagainya.

Dosen FEB UGM, Teguh, juga menegaskan dalam pemasaran ada 3 pokok penting yang harus diperhatikan, yaitu pertama Pemasar. Pemasar tersebut adalah individu atau organisasi yang menciptakan, mempertukarkan dan menyampaikan nilai-nilai, membangun relasional, dan membangun jaringan pasar pada periode waktu dan tempat tertentu. Kedua, Pasar, adalah himpunan individu dan organisasi yang mempunyai kebutuhan dan keinginan, berdaya beli, berminat membeli barang dan jasa. Ketiga Pesaing, adalah pemasar lain yang memperebutkan pasar yang sama, dengan mempertahankan atau merebut, mengikuti pemimpin pasar, atau mencari pasar pinggiran dengan cara berperang atau bekerja sama.